SOSIALISASI PUG/PPRG DAN MEMBENTUK VOKAL POINT DALAM MENDUKUNG PERCEPATAN PEMBANGUNAN RESFONSIF GENDER DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Peremuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pug/Pprg dan Membentuk Vokal Point Dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Resfonsif Gender Di Kabupaten Bengkulu Selatan di Aula DPPKBP3A Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pembukaan Acara Oleh Kepala Dinas, Bapak Alian, SH, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Laporan Ketua Panitia

Sosialisasi ini dihadiri OPD yang terkait dengan PUG/PPRG di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Narasumber dari DP3APPKB Provinsi Bengkulu yaitu Ibu Neti Cherawaty, SKM, SST, M.AP dan Bapak Rendra Febriansyah, M.Si dari Bappeda dan Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan.

Foto bersama Kadis, Kabid, Kasi, Narasumber dan Peserta Sosialisasi

Konsep Gender Mengacu pada peran dan tanggung jawab sebagai perempuan dan sebagai laki-laki yang diciptakan dan diinternalisasi dalam keluarga, dalam masyarakat, dalam budaya masyarakat dimana kita hidup termasuk harapan-harapan, sikap, sifat, perilaku bagaimana menjadi seorang laki-laki dan bagaimana menjadi seorang perempuan (culturally learned and assigened behavior).

Menurut Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008  tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG dalam daerah bahwa Pemerintah Daerah Wajib menyusun kebijakan, Program dan Kegiatan pembangunan responsife gender  dan Mengidentifikasi permasalahan dalam menyusun Gender Budge Statement (GBS).

Adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah :

  1. Adanya pembentukan vokal point disetiap opd dalam mendukung percepatan pembangunan yang responsif gender.
  2. Dapat mengetahui pelaksanaan pengerustamaan gender (pug) direfleksikan dalam proses penyusunan kebijakan perencanaan dan penganggaran yang responsive gender (pprg) di setiap opd.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *